Kamis, 21 Februari 2013

Jelang Nishfu Sya'ban, IPPNU Kalinyamatan Latihan Buat Lampion

Jepara, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU kecamatan Kalinyamatan memberikan latihan keterampilan kepada kader IPPNU se-kecamatan, bertempat di MTs Al-Falah Margoyoso. Mereka diberikan keterampilan berupa latihan membuat lampion untuk persiapan tradisi ‘Nishfu Sya’ban’.


Ketua PAC IPPNU Kalinyamatan, Inayatul Arofah mengatakan kegiatan yang dilakukan belum lama ini merupakan agenda keputrian yang dijalankan pihaknya. Tujuannya untuk memberdayakan kader IPPNU se-Kalinyamatan. Keterampilan katanya merupakan salah satu bekal untuk memasuki ranah pekerjaan.

Dipilihnya lampion, jelas Arofah bersamaan dengan momen menjelang nisfu sya’ban. “Sesuai dengan tradisi yang berjalan di Kalinyamatan dan sekitarnya sejak awal Sya’ban warga menjajakan lampion dan sejenisnya di sekitar jalan. Sehingga pas jika kader IPPNU diberikan latihan membuat lampion yang bisa diperjualbelikan hasilnya untuk kepentingan organisasi,” paparnya.

Saiful Hadi, Ketua PAC IPNU Kalinyamatan yang turut hadir menjelaskan proses pembuatannya. Bahan yang dipersiapkan tuturnya berupa balon, benang, lem dan kawat.

Langkah pertama, lanjut Saiful balon ditiup. Setelah itu, dililit dengan benang melingkar tidak beraturan. Di sela-sela melilit dicampur pula dengan lem fox. Selanjutnya dililit dengan benang untuk kesekian kalinya lagi. “Agar bisa kering, balon dijemur sampai garing,” tambahnya.

Langkah selanjutnya, balon diletuskan sehingga akan terbentuk lilitan benang yang lumayan kaku. “Mulai langkah tersebut benang mulai dirangkai. Bagian atas dilubangi sesuai ukuran bola lampu yang diikat dengan kawat,” imbuhnya.

Agar tambah indah, perlu ditambah aksesoris pendukung berupa tali maupun aksesoris yang lain. “Lampion yang sudah jadi saat dipasang di bola lampu pada malam hari akan menyala sesuai warna lilitan benang yang dibuat,” paparnya.



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Syaiful Mustaqim

http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,38623-lang,id-c,daerah-t,Jelang+Nishfu+Sya+ban++IPPNU+Kalinyamatan+Latihan+Buat+Lampion-.phpx

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More