Kamis, 21 Februari 2013

Sekilas Asal Muasal Tradisi Valentine's Day

Diberbagai belahan dunia tanggal 14 februari orang beramai ramai mengamininya sebagai hari valentine atau orang mengenalnya sebagai hari kasih sayang.
Di indonesia,setiap tanggal 14 februari banyak kalangan beramai ramai memburu coklat,bunga,atau bingkisan bingkisan lain untuk diberikan kepada orang orang terkasih.saat mereka ditanya,mereka mengatakan "saya sedang merayakan hari valentine,hari kasih sayang".namun ketika mereka ditanya "anda tahu sejarah valentine?",mereka terkesan gagap menjawabnya.
Sebagai seorang kader NU,tentu kita harus tampil berbeda.tidak hanya sekedar memperbincangkannya,namun kita juga mengetahui asal muasalnya tradisi itu terlepas dari perspektif hukum syar'i yang membolehkan atau tidak ikut meramaikannya.
Mari kita ketengahkan salah satu versi yang menjelaskan valentine secara histories.
Diceritakan hidup seorang lelaki yang membaktikan hidupnya disebuah kuil pada masa kaisar cladius II yang terkenal kejam.
Dibawah kekaisaran cladius II,romawi terlibat peperangan yang cukup dahsyat.sang kaisar pun membutuhkan pasukan militer yang besar.
Dalam proses perekrutan pasukan militer,kaisar cladius mengalami kesulitan karena para pria enggan terlibat dalam peperangan karena tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasihnya.hal ini membuat cladius II geram.ia pun memerintahkan pejabatnya untuk memberlakukan larangan menikah.para pasangan muda pun meresponnya dengan nada protes.
Melihat titah kaisar yang dirasa kurang manusiawi,Saint valentine diam diam melakukan aksinya dengan menikahkan para pasangan muda pada zaman itu.
Kaisar cladius menghendus aktifitas yang dilakukan oleh saint valentine dan kaisar marah besar.
akhirnya st valentine pun ditangkap dan dihukum gantung didepan para pengikutnya pada tanggal 14 februari 269 M. Melihat keberanian dan perjuangan st valentine,pada tahun 496 M,pendeta gelasius menetapkan 14 februari sebagai hari penghormatan bagi valentine karena dianggap memperjuangkan cinta dan kasih sayang para pemuda dengan pasangannya pada zaman itu.mulai saat itulah tradisi valentine berawal.

Disadur dari the world book encyclopedia
By: Sekjen PAC Kalinyamatan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More