Selasa, 11 Maret 2014

PRINSIP-PRINSIP, TRADISI PEMIKIRAN DAN AMALIYAH NU

A. PRINSIP-PRINSIP SIKAP ASWAJA YANG DIANUT OLEH NU

Ada lima prinsip dan karakteristik yang menggambarkan tentah faham ahli sunnah wal jamaah yaitu:

1. Tawassuth (pertengahan) : maksudnya menempatkan diantara dua kutub dalam berbagai masalah dan keadaan untuk mencapai kebenaran serta menghindari keterlanjuran kekiri dan kanan yang berlebihan.

2. I’tidal (tegak lurus) : maksudnya tidak condong kekanan atau kekiri atau bisa diartikan adil, tidak berpihak kecual kepada yang benar dan yang harus dibela

3. Tasamuh (toleransi) : maksudnya mengerti dan menghargai sikap sikap dan pendirian pihak lain tanpamengorbankan pendirian dan harga diri, bersedia berbeda pendapat baik dalam masalah keagamaan, kebangsaan, kemasyarakatan maupun kebudayaan

4. Tawazun (keseimbangan) maksudnya tidak berat sebelah, tidak kelebihan ataupun kekurangan suatu unsur dalam segala bidang karena merupakan salah satu kunci keberhasilan dan kemantapan.

5. Amar ma’ruf nahi mungkar, artinya menyeru dan mendorong berbuat baik yang bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat serta mencegah dan menghilangkan segala hal yang dapat merugikan, merusak, merendahkan atau menjerumuskan nilai-nilai moral keagamaan dan kemanusiaan.


B. TRADISI PEMIKIRAN DAN AMALIYAH NU

1. Syafaat, karomah dan barokah

2. Membaca basmalah pada surat al fatihah dalam sholat

3. Membaca doa dan Qunut subuh

4. Memegang al Qur-an dengan wudlu

5. Ziarah kubur dan wasilah

6. Mengirim do’a bagi orang yang meninggal

7. Rukyah dan hisab awal bulan hijriyah

8. Sholat Ied dimasjid

9. Bilangan rokaat sholat tarawih 20

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More